Monday, June 1, 2015

Permasalahan, Solusi dan Perawatan Mudah Pada Mouse

Permasalahan, Solusi dan Perawatan Mudah Pada Mouse

Permasalahan, Solusi dan Perawatan Mudah Pada Mouse

Mouse, saya rasa sudah tidak asing terdengar lagi. Alat batu menggunakan PC laptop ini adalah hal kecil yang memudahkan kita mengoperasikan komputer. Alat ini, jarang sekali rusak, dan apabila rusak tinggal buang lalu beli yang baru. setidaknya itulah yang biasa saya lihat. Tapi apa tidak sayang tuh uangnya, mendingan dibeliin bakso, kan kenyang. Sebelum anda memutuskan untuk membeli mouse baru saya menyarankan anda untuk mencoba beberapa solusi dari kerusakan mouse berikut :

a. Troubleshooting (Permasalahan) dan Solusi

Terdapat beberapa masalah yang sering terjadi pada mouse sehingga tidak dapat bekerja dengan baik atau bahkan mati total, anatara lain :

1. Pointer mouse tidak bergerak normal.

Pointer pada layar tidak bergerak walaupun mouse sudah digerakkan ke segala arah. Hal ini biasanya terjadi karena tidak pas saat memasang konektor mouse ke CPU atau PC/Laptop atau ada kabel mouse yang terputus.

Solusi :

1. Perikasalah apakah konektor mouse renggang atau tidak pas. Jika ya, Pastikan konektor terpasang dengan benar pada konektor mootherboard di belakang casing atau port usb pada laptop anda.
2. Periksalah apakah ada kabel mouse yang terputus atau sudah rusak. Jika ya, Ganti dengan kabel mouse yang lain tau beli kabel mouse baru.
3. Periksalah apakah driver mouse support atau kompetibel dan cocok untuk PC dan sistem operasi anda. Jika memoang cocok, anda perlu menginstal ulang driver mouse dan ambil pilihan standar mouse sesuai jenis konektor yang digunakan. Misalnya, serial, PS2 atau USB. Akan tetapi, jika tidak, Gantilah Mouse dengan yang baru.

2. Pointer hanya bergerak horizontal atau vertikal.

Masalah umum kedua biasanya yaitu Pointer bergerak tidak normal atau hanya bergerak horizontal atau vertikal. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kotoran yang menempel pada roller yang menyebabkan bola tidak menggelinding ( pada mouse ball ) dengan normal. Sedangkan pada Mouse optik Biasanya disebabkan karena kabel pangkal pada mouse putus atau sensor optik sudah melemah.

Solusi :

1. Bersihkanlah bantalan kotoran yang terdapat pada roller sensor mouse ball (bila anda menggunakan Mouseball).
2. Membersihkan bola dengan air panas. Dengan begitu segala kotoran akan terngakat.
3. Pada mouse optik dapat dilakukan dengan cara mencoba menggerakkan-gerakkan kabel yang terdapat pada ujung mouse dan memastikannya jika lampu sensor masih hidup dan terang.
4. Jika solusi diatas tidak dapat memperbaiki kinerja mouse menjadi normal kembali, Mouse harus diganti dengan yang baru.

3. Masalah PC yang terkena Virus.


Hal ini penting untuk disampaikan. karena kemungkinan apapun bisa terjadi. Kemungkinan yang terahir yaitu bisa saja komputer anda telah terinfeksi oleh virus yang tidak merusak data tapi justru membuat tampilan atau koneksi perangkat anda terganggu. Virus ini bisa datng dari mana saja, misalnya internet, atau media strorage yang anda koneksikan ke pc atau laptop anda. Apabila hal ini terjadi, saya sarankan anda untuk tidak panik dan memutuskan unutk menginstal ulang PC anda, karena setelah anda menginstal ulang PC anda tetu anda harus meginstal lagi aplikasi-aplikasi penting yang da di PC laptop anda. Oleh karena itu, mungkin anda dapat mencoba beberpa hal berikut.

Solusi :

1. Jika anda telah memasang antivirus, Periksalah apabila database antivirus anda kadaluarsa. Jika ya, Segeralah Update database antivirus anda. Karena bisa jadi antivirus anda tidak mendeteksi adanya virus karena database yang kadaluarsa.
2. Apabila anda memang belum memasang antivirus. Jika error hanya terjadi sesekali saja, pada saat tidak terjadi erro anda dapt segera menginstal antivirus yang cocok untuk PC anda. Tetapi sistem operasi berbasis windows terutama windows 8 telah dilengkapi dengan nativirus yang sudah sangat mumpuni untuk melawan virus komputer.
3. Jika mouse tidak dapat lagi digerakkan karena Virus, Dan anda tidak dapat menginstal antivirus. anda dapat mencoba untuk menginsta antivirus melalui safe moe yang disediakan oleh masing-masing OS.
4. Apabila virus sangat kuat, dan Jika ketiga hal diatas tetap tidak dapat dilakukan dengan terpaksa anda haru menginstal ulang PC atau laptop yang terkena virus. Sekedar tips, saat anda mnginstal ulang jangan lupa untuk memformat local disk (C;) yaitu tempat program-program terinstal yang mengandung virus. Hal ini bertujuan agar saat setelah diinstal ulang virus tersebut tidak kembali merusak.

b. Perawatan Mouse

1. Jenis mouse optik tidak memerlukan perawatan yang berat, kecuali menjaga mouse agar tidak terkena air atau kabel yang terputus.
2. Mouse jenis bola memerlukan ekstra perawatan karena di sela-sela pergerakan bola memungkinkan masuknya debu atau kotoran. Sebaikya, sebulan sekali bola pada bagian bawah mouse dikeluarkan dan roller dibersihkan dari kotoran yang pasti sudah menggumpal.
3. Pilih bahan yang keras untuk mousepad, Misalnya plastik. Jangan menggunakan bahan kain karena akan mempermudah debu dan kotoran menempel.

Sekian dan terima kasih telah membaca artikel Permasalahan, Solusi dan Perawatan Mudah Pada Mouse, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.