Tuesday, July 7, 2015

Mengenal Lebih Rinci Apa Itu Scanner

Mengenal Lebih Rinci Apa Itu Scanner - Scanner merupakan alat elektronik yang berfungsi hampir sama dengan mesinotokopi. Hasil mesin fotokopi dapat langsung anda lihat pada kertas, sedangkan hasil scanner akan ditampilkan pada layar komputer terlebih dahulu, kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya lebih bagus dan sesuai keinginan kita. Yang kenudian dapat disimpan sebagai file teks, gambar, PDF atau file dokumen lainnya.
Daftar Isi

a. Fungsi Scanner

Sesuai dengan namanya, scanner berfungsi untuk mengkopi foto, gambar, dokumen, dan teks kedalam media penyimpanan mislanya harddisk, Disket, Usb flashdisk atau CD.

b. Cara Kerja Scanner.

Ketika menekan perintah untuk memulai scan pada layar, yang terjadi adalah :
1. Penekanan tombol Mouse komputer menggerakan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mngendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
2. Kemudian, unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai proses scanning.
3. Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
4. Jika hasil atau tampilan teks maupun gambar ingin diubah, Anda dapat mengubahnya dengan software aplikasi yang ada, misalnya dengan Adobe Photoshop.

c. Jenis-Jenis Scanner

1. Flatbed scanner
Yaitu yang berbentuk seukuran kertas folio atau seperti mesin fotokopi kecil.
2. Handy Scanner
Merupakan scanner yang berbentuk seukuran postcard atau seperti mouse, tetapi lebih besar dan digerakkan oleh pengguna ke objek yang akan di-scan.
3. Pen Scanner
Merupakan Scannner berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak, kemudian mentransfernya ke komputer pribadi (PC).
4. PSC(print, scan, and copy)
Yaitu janis scanner yang sudah tergabung menjadi satu (3 in 1) dengan printer dan mesin fotokopi. Pada era sekarang, jenis scanner ini lebih banyak diminati karena lebih ekonomis dan mempunyai banyak fungsi.

Perbedaan setiap scanner dari berbagai merek terletak pada pemakaian teknologi da resolusinya. Pemakaian teknologi tersebut misalnya penggunaan tombol digital dan teknik pencahayaan.

d. Permasalahan dan solusi

Permasalahan yang umum pada scanner biasanya scanner tidak dapat terdeteksi di komputer. Hal ini bisa saja terjadi karena kabel konektor scanner renggang atau tidak terpasang dengan baik atau karena driver yang diinstal pada komputer PC  atau laptop tidak sesuai dengan jenis scanner.
Solusi :
Pastikan kabel konektor scanner ke CPU terpasang dengan baik dan instal ulang driver scanner sesuai dengan tipe dan mereknya. CD instalasi biasanya ada pada box kemasan scanner ketika dibeli.

e. Perawatan Scanner

1. Anda harus rajin membersihkan bagian kaca sensor dengan kain halus yang khusus untuk screen komputer.
2. Tutup bagian kaca sensor dengan plastik tipis agar terhindar dari debu atau kotoran yang menempel pada kaca.
3. Jangan pernah meninggalkan scanner pada posisi penutup kaca sensor terbuka.
4. Sebaiknya hindari meletakkan makanan atau minuman di atas penutup scanner.

Sekian dan terima kasih telah membaca artikel Permasalahan, Solusi dan Perawatan Mudah Pada Mouse, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.