Monday, June 1, 2015

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2

Sebelumnya telah saya bahas mengenai Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1. 
Kali ini akan dilanjutkan dari 6 sampai 12

6. Computer Commoder Amiga 1000 (tahun 1985)

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2
Amiga 1000 merupakan komputer multimedia tercanggih yang banyak diminati oleh animator dan desainer grafis pada saat itu. Pc ini memiliki monitor berwarna, mendukung suara 4 kenel, mempunyai port untuk joystik dan video, serta mendukung video mode sampai 4096 warna.

Sistem operasi amiga-DOS juga menawarkan interface grafis yang sistem operasi mendukung multi tasking. Teknologi amiga lebih unggul tetapi gagal karena arsitekturnya yang propertary dan pemasarannya yang buruk. Perangkat ini juga tidak kompetibel dengan memiliki sistem operasi MS-DOS dan desain IBM PC pada umumnya.

7. Komputer IBM PS/2 (tahun 1987)

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2
Setelah sukses dengan PC, IBM memiliki rencana ambisius mengenai generasi selanjutnya dari PC. Seri ini dinamakan PS/2 ( personal system/2 ), dan pertama kali dirilis pada tahun 1987. PS/2 mempunyai arsitektur baru, beberapa bagian yang baru adalah proprietary, seperti konektor baru ( socket ) untuk keyboard dan mouse.

Slot ekspansi didesain ulang dan bus ( jalur elektronik yang menghubungakan slot ini dengan system ) yang dinamakan micro channel arsitektur. Arsitektur baru ini membuat IBM PS/2 sulit untuk diduplikat. Saat ini, perusahaan di bidang industri komputer membuat komponen yang sesuai dengan slot ekspansi standar IBM PC.

Walaupun PS/2 menggunakan prosessor intel dan softwarenya kompetibel dengan IBM PC, tidak ada yang membuat komponen yang sesuai dengan slot ekspansi PS/2. Oleh karena itu, Produk ini GAGAL.

8. Laptop TRS-80 ( tahun 1992 )

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2

Setelah muncul laptop seperti Compaq dan IBM portable, IBM Convertible, Macintosh portable, Osborne 1, dan Radioshack TRS-80, tahun 1992 mulai muncul laptop TRS-80. Contoh terahir adalah IBM Thinkpad 700 dan Apple Powerbook 100.

Laptop mempunyai LCD dengan berat 2 kg atau lebih. Ketika tidak menggunakan listrik, laptop dapat menggunakan baterai yang terpasang dalam sirkuit laptop tersebut. Laptop juga memiliki fasilitas untuk menghemat energi dan menggunakan prosessor yang irirt sumber daya. Fitur ini yang membuat laptop cocok dibawa bepergian. Saat ini tersedia laptop dengan berbagai macam kategori, bergantung pada berat dan fitur juga harga.

9. Komputer Intel Pentium ( tahun 1993 )

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2
Setelah sukses dengan seri PC AT ( prosessor 80268, 80386, dan 80486 ), intel memutuskan bahwa generasi kelima prosessor untuk PC harus mempunyai arsitektur baru. Seri ini kemudian dinamakan "PENTIUM". Hasilnya, cip pentium pertama ini tiga kali lebih cepat dari pendahulunya, 80486.

Sistem operasi ( OS ) Windows dan program aplikasinya dapat memanfaatkan kemampuan prosessor ini untuk menghasilkan hal yang lebih besar, seperti game dengan grafik yang inntensif atau suara yang jauh lebih berkualitas. Vendor dan developer software berlomba-lomba membuat produk dan aplikasi yang lebih canggih dan menarik.

Intel memperkenalkan prosessor Pentium 60MHz pada bulan maret 1993, dan PC pentium generasi pertama muncul di pasaran, kemudian diikuti dengan versi 75MHz, 90MHz, 100MHz, dan 200MHz. Pada tahun 1995, Intel membuat Cip Pentium khusus untuk laptop. Selain Intel, pembuat prosessor lainnya adalah AMD, yang produknya kompetibel dengan sistem operasi Windows, aplikasi yang berjalan diatas PC, dan kebanyakan Hardware PC.

Sampai hari ini, harga komputer dengan prosessor AMD berharga lebih murah daripada komputer yang menggunakan Intel. Itulah sebabnya Intel memproduksi prosessor dengan harga lebih rendah yang disebut CELERON.

10. Komputer Multimedia/Pentium MMX ( tahun 1997 )

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2
Dimulai tahun 1996, aplikasi multimedia ( yang menggabungkan teks, grafik, audio dan animasi ) mulai bermunculan. Pembuat Hardware seperti sound card, dan grapic card, bergegas membuat teknologi yang dapat memproses instruksi multimedia. Hal ini disebabkan oleh prosessor yang tidak dapat memproses instruksi multimedia secara simultan.

Tahun 1997, Intel mengatasi masalah ini dengan merilis prosessor pentium MMX. Intel menambahkan instruksi multimedia kedalam prosessor pentium dengan teknologi multimedia extension (MMX). Cip Pentium MMX meningkatkan kemampuan PC dalam memainkan game dan aplikasi multimedia.

Intel juga membuat prosessor generasi Keenam yang disebut dengan Pentium Pro. Cip-nya dibuat berdasarkan arsitektur baru yang disebut P6. Desainnya menggunakan teknik baru dalam memproses, seperti superpipellining, dynamic execution, dan on-cip L2 cache membat performa pentium hampir dua kali lebih cepat dari pentium sebelumnya. Namun, cip Pentium Pro diutamakan untuk server (bukan PC).

11. Komputer Pentium II s/d Pentium IV (tahun 1998-2005)

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2
Generasi lain prosessor pentium dan PC keluaran antara tahun 1998 sampai saat ini. Intel mengeluarkan pentium II, Pentium III, Kemudian Pentium IV. Setipa generasi memiliki teknik pemrosesan baru dan berfokus pada kecepatan prosesor, saat ini diukur dengan GHz. Prosessor yang lebih cepat mengarah pada lebih banyak inovasi baru di bidang multimedia dan aplikasi video.

Contohnya, game PC menjadi lebih kaya grafis, dan suara yang dihaslkan semakin dekat dengan suara dari perangkat Hi-Fi. Dan suara dihasilkan lebih baik. Internet juga membawa lebih banyak aplikasi baru. Misalnya, untuk chat dan Video Conference.

12. Komputer Pentium D (dual core) dan Pentium Core TM2 Duo (tahun 2005).

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2 Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2
Intel mengembangkan kemampuan dual chipset dalam satu prosesor untuk menjadikan kinerja komputer lebih cepat. Dan kapasitas memori L1 dan menjadi 2 kali lipat dari produk pentium IV sebelumnya, dengan memproduksi pentium dual Core dan Core TM2 Duo, yang pada awalnya dipergunakan pada komputer jenis laptop.

Namun, pada awal tahun 2006, Prosesor Dual Core dan Core TM2 Duo ini dipergunakan pada komputer jenis desktop. Perubahan regenerasi prosesor intel ini diikuti dengan vendor hardware lainnya, Misalnya AMD juga mulai memerkenalkan prosesor berbasis Core TM2 Duo dengan tipe AMD Arhlon 64x2 yang tidak kalah canggihnya dengan prosesor Core TM2 Duo yang dimiiki Intel. Microsoft juga menyambut perubahan hardware generasi pentium ini dengan mengembangkan dan merilis Generasi baru Windows Xp, Yaitu Windows Vista yang sudah mulai muncul mulai ahir tahun 2006.

Masih ada satu lagi perkembangan komputer yaitu komputer dengan prosessor QUAD CORE. Artikel mengenai Komputer pentium Qouad Core akan saya bahas lain kali.

Sekian dan terima kasih telah membaca artikel Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 2, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.