Monday, June 1, 2015

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1

Perkembangan Pc personal komputer saat ini semakin pesat. Di awal perkembangannya, Komputer berukuran besar hanya dapat ditemukan di lembaga tertentu saja. Harga komputer jenis ini juga sangat fenomenal dan tidak terjangkau untuk individu. namun, semua berubah ketika PC muncul pada pertengahan tahun 1970-an. Sejalan perkembangan teknologi, PC juga semakin canggih. Dengan diikuti sejumlah software aplikasi yang bbertambah banyak dan tidak lagi membatasi kreatifitas user, komputer menjadi lebih menarik untuk digunakan.

Berikut ini perkembangan PC selama 40 tahun terahir yang difokuskan pada mesin yang membuat perubahan pada PC.

1. Komputer MITS Altair 8800 (1975)

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1
Altair 8800 memiliki prossesor 2 MHz intel 8080, memori 256 byte, dan dapat ditambah maksimum 64kb. sangat berbeda dengan PC sekarang yang berjalan diatas GHz, dengan RAM minimum 256 MB. untuk media penyimpanan, Altair menawarkan 8" floppy disk atau kaset ekternal. PC ini tidak seperti PC yang kita temui sekarang. PC ini tidak mempunyai monitor, keyboard, mouse, system operasi, bahkan sistem operasi. Untuk memprogramnya anda harus mengerti bahasa mesin, yang berarti mengubah dudukan saklar yang benar dan melihat LED yang berhubungan menyala.

2. Komputer Apple 2 (1977)

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1
Sebelumnnya, ada apple 1 ( diproduksi sekitar tahun 1976 ). Namun, hanya berbentuk papan sirkuit seperti motherboard saat ini. Untuk menyusunnya, anda harus ahli dalam bidang elektronik. Pada tahun 1977, apple 2 telah muncul dengan mempunyai keyboard, monitor, dan media penyimpanan. Komputer ini juga mempunyai sistem operasi dan software aplikasi. Awalnya, Pc ini mengguakan media penyimpanan kaset, tetapi, ditahun 1978 floppy disk eksternal dengan kapasitas 143k telah tersedia. Kesuksesan apple 2 dilanjutkan dengan kehadiran apple 2+ (1979) dan apple lli (1983). keduanya mirip dengan apple 2 dengan beberapa tambahan dan fitur baru. Salah satunya, lle mempunyai keypad numerik disisi kanan keyboard. Apple terus memproduksi dan menjual apple lle sampai tahun 1993, menjadikan seri ini menjadi sejarah tersendiri selama 15 tahun.

3. Komputer IBM PC ( tahun 1981 )

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1
IBM PC yang asli dikeluarkan pada bulan agustus 1981, yang hanya mempunyai memory sebesar 16kb, belum memiliki hardisk, dan menggunakan media penyimapanan kaset dan floppy. Karena desain yang terbuka, PC ini sangat mudah di upgrade. IBM PC mempunyai slot ekspansi pada papan sirkuit utamanay (motherboard). Artinya, anda dapat menambah kemampuannya dengan memasukkan papan sirkuit mini khusus ( disebut "CARD" ) kedalam slot ini. Misalnya, menonton tv kabel dari PC dengan menambahkan Card TV tunnel. Selain mudah dikembangkan, faktor lain yang memberikan kontribusi atas suksesnya IBM PC adalah prosessor intel. Melalui riset yang berkesinambungan, intel menaikkan kemampuan prosessor 2 kali liapt setiap 18 bulan. Jadi, PC yang lebih canggih muncul setiap 2 tahun. Sejalan perkembangn prosessor intel, muncul sistem operasi windows versi baru, software aplikasi, dan penigkatan kemempuan hardware.

4. Komputer Qompac PC (tahun 1983)

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1
Sejak desain IBM PC dibuat terbuka, pabrikan lain mulai mengikuti dan mulai mengeluarkan PC buatan mereka. Salah satunya adalah Qomac yang sekarang telah bergabung bersama Heullet-Packerd yang mengeluarkan Qompact portable. Pc berukuran koper ini, Mempunyai monitor monocrom dengan ukuran 9 inchi dan 2 floppy drive berukuran 320kb. Seperti IBM PC, Qompact juga menggunakan sistem operasi MS-DOS. PC ini mempunyai 2 port pararel dan 1 port serial untuk koneksi ke perangkkat eksternal. Sementara untuk memory, 128kb dapat ditambah sampai dengan 640kb. Walaupun terdapat peningkatan dalam hal penyimapanan dan memory, pernagkat ini tidak dilengkapi dengan hardisk. Data tahun 1987 versi 3 dilengkapi dengan hardisk berukuran 20 atau 40 MB.

5. Dominasi Komputer IBM PC ( tahun 1983-1989 )

Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1
IBM PC mengeluarkan PC terbarunya di tahun 1983. IBM PC XT yang telah mempunyai hardisk dengan kapasitas 10MB, memori 128 KB, dan floppy drive 360kb. Ibm PC kemudian membuat lebih banyak peningkatan dan mengeluarkan IBM PC AT 286 pada tahun 1984. PC ini menggunakan prossessor intel 6MHz ( 80286 ). Peningkatan lainnya adalah hardisk berukuran lebih dari 20 MB. Seri Pc AT diteruskan dengan At 386 pada tahun 1986 dan AT 486 pada tahun 1989. Keduanya mempunyai kelebihan pada memori dan kecepatan prosessor. Seri AT 386 juga merupakan PC pertama yang menggunakan prosessor 32bit ( 80386 ) dan mendukung multi tasking ( menjalankan beberapa aplikasi bersamaan. Yang membuat PC 386 pertama kali adalah Qompac, bukan IBM. Salah satu terobosan dengan 486 adanya 1mb memori cache dalam cip sendiri. IBM juga bereksperimen dengan tipe pc yang gagal atau kurang sukses seperti IBM PC Jr, IBM Confortable, dan IBM Portable.

Sekian dan terima kasih telah membaca artikel Tahukah Anda ? Perkembangan komputer Dari Masa Ke Masa Bagian 1, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.