Saturday, May 30, 2015

Definisi Lengkap Hardware, Software dan Brainware pada Komputer PC/Laptop

Definisi Lengkap Hardware, Software dan Brainware pada Komputer PC/Laptop

Personal komputer atau Pc merupakan seperangkat peralatan komputer yang digunakan oleh satu orang/pribadi, baik di lingkungan kantor, toko, rumah, maupun lainnya. Komputer jenis PC ini berfungsi megolah data input dan menghasilkan output data informasi sesuai dengan keinginan pengguna atau sering disebut sebagai USER.




Dalam pengolahan data, mulai dari memasukkan data hingga menghasilkan informasi, komputer memerlukan sistem yang merupakan kesatuan elemen yang meliputi Hardware, Software dan Brainware

1. Hardware (Perangkat Keras)

adalah sekumpulan komponen perangkat keras di dalam komputer yang secara fisik dapat dilihat, diraba, dan dirasakan.
Hardware dikelompokkan menjadi empat bagian sebagai berikut :

a. Device input atau peralatan input.

Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Misalnya, keyboard, mouse, sanner, FDD, dan optik disk drive.

b. Device procces atau peralatan proses dari data input.

Merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penghubung atau konektor maupun pengolah intstruksi antara peralatan input menuju peralatan output. Misalnya, procssor, motherboard, dan memori.

c. Device output atau peralatan output.

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan keluaran hasil pengolahan data. Keluarana/output dapat berupa Hard-Copy (ke kertas), soft copy (ke monitor), atau berupa suara.Misalnya, monitor, printer, dan speaker.

d. Device peripheral atau peralatan tambahan lainnya.

Yaitu perangkat keras komputer tambahan yang dapat berfungsi sebagai input atau output. Misalnya, modem, TV tunner, USB flash.

2. Software (Perangkat Lunak)

Adalah rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan perintah yang diberikan oleh seorang pengguan komputer. Rangkaian instruksi itu disebut dengan "program". Software juga dikenal dengan sebutan perangkat atau piranti lunak komputer. Software juga dapat didefinisikan sebagai seperangkat program aplikasi yang berisi instruksi atau perintah sebagai perantara, yang menghubungkan antara hardware dan brainware sehingga menghasilkan informasi sesuai keinginan brainware. Software dibagi menjadi dua golongan, yaitu :

a. Software operating system (OS).

Software sistem operasi atau OS (Operating System) secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Singkatnya sistem operasi ini adalah induk dari kumpulan aplikasi atau software yang terinstal pada suatu komputer. contoh OS antara lain Windows, DOS, Linux, dan Macintosh.

b. Software aplication atau program aplikasi.

Ialah program-program yang dibuat khusus untuk keperluan tertentu yang dapat diinstal pada sistem operasi tertentu pula. Misalnya program yang dibuat untuk mengedit foto, video, memutar video, memutar musik, dan lain-lain. Contoh program aplikasi antaranya, Microsoft Office sebagai program aplikasi pengolah data baik data kuantitatif maupun data kualitatif, database manangement, program grafis, network software, web design tools, utilities, entertainment dan education.

3. Brainware (Pengguna)

Yaitu perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan software yang ada di dalam komputer. Contohnya mengetik surat dengan menggunakan Microsoft Word, membuat program aplikasi perusahaan, maupun memperbaiki komputer. Berdasarkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, pengguna komputer dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, misalnya programmer, operator, technicial support, dan desainer grafis.

Kesimpulan :

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akanberarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia sebagai brainware yang mengoperasikannya.

Ketiga hal tersebut harus digabungkan dengan seimbang, artinya anda harus menyesuaikan antara Hardware, Software, dan Brainware. Artinya walaupun anda memiliki software yang begitu canggihnya, akan tetapi anda tidak memiliki komponen hardware dan kemempuan penggunaan yang kurang mumpuni, kecanggihan software anda sia-sia saja. begitu pula sebalinya.

Sekian artikel  Definisi Lengkap Hardware, Software dan Brainware pada Komputer PC/Laptop, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.