Tuesday, June 2, 2015

Tips Menghindari Akun di Bajak Dalam Berinternet

Tips menghindari hack akun dalam berinternet

Mungkin Sebagian teman-teman yang membaca posting ini bertanya-tanya. Bagaimana bisa kita melindungi data kita, jika data kita ada di tangan pihak lain?. Walaupun tidak ada cara yang 100 persen mutlak untuk melindungi data di internet, tetapi ada beberapa hal yang bisa kita pikirkan, lakukan, dan praktekkan untuk meminimalkan resiko akibat kebocoran data.

Hal-hal yang akan saya bagikan ini merupakan cara yang dapat kita lakukan sebagai pengguna internet tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya :

Batasi Akses Pihak Lain Terhadap Barang Pribadi

Batasi Akses fisik pihak lain terhadap komputer, laptop, smartphone, atau gadget lain, sehingga semakin kecil kemungkinan ada pihak lain yang menginstal program " Mata - Mata " yang tentu saja dipasang tanpa sepengetahuan anda. Enkripsi atau lindungi data anda di komputer serta gadget anda. serta ada baiknya anda menginstal program anti key logger, rajin di update termasuk rajin update antivirus.

Hati-hati menginstal program aplikasi baik berupa game, program cheat, dan sebagainya dari situs - situs yang tidak jelas reputasinya. lebih ideal jika anda memasang firewll atau program yang khusus dibuat untuk mengamankan kegiatan berintenet atau dalam bahasa kerennya Internet Software Security. Tentu saja Kita juga perlu rajin update databasenya.

Selektif Dalam Memasukkan Data Pribadi

Selektiflah pada saat anda memasukkan data data pribadi termasuk berbagai foto, video, Update status mengenai anda di situs-situs internet. ingat semakin banyak anda mengumbar data pribadi, kemungkinan penyalahgunaan data itu oleh para penipu untuk menipu anda atau menipu orang tua anda atau bahkan untuk meng- hack akun internet anda akan lebih besar. Data- data sensitif semacam tanggal lahir, apalagi nama orang tua , tidak perlu dipajang di media jejaring sosial.

Pihak lain yang menyamar sebagai anda bisa saja mendaftarkan diri ke layanan berbayar atau bahkan menyamar sebagai anda untuk mengakses berbagai layanan perbankan anda. Apabila ada situs atau forum yang menyaratkan pengisian data tertentu , isikan seminimal mungkin sesuai persyaratan minimal pada formulir pengisian tersebut, biasanya hal-hal yang wajib diisi diberi tanda artestik.

Anda juga bisa mempertimbangkan memakai data sembarang tergantung kebutuhan anda di forum atau situs tersebut. sekali lagi selektiflah membagi data pribadi anda termasuk Email.

Jangan Pakai Password Yang Sama Di Semua Akun

Jangan memakai suatu password yang sama untuk beragam akun internet. Bila itu anda lakukan, maka sekali saja akun anda Passwordnya berhasil dijebol, maka kemungkinan besar semua akun anda yang lainnya bisa juga ikut dibobol.

Misalnya saja situs XYZ keamanannya kuat, sementara situs ABC Keamanannya lemah. Karena anda memakai password yang sama, Jika situs Abc Berhasil dibobol oleh hacker dan password anda didapatkannya,, akun anda di situs XYZ yang keamanannya sebenarnya kuat menjadi renta dijebol juga, karena anda memakai password yang sama. jika anda memakai Pasword yang berebda, akun anda untuk situs XYZ tersebut Masih Aman.

Jangan Berbagi Password

Sebaiknya anda tidak berbagi password dengan pihak lain. Jika ada hatrus melakukan itu, Lakukanlah dengan sangat selektif. Masalahnya tidak semata - mata apakah pihak lain, mungkin rekan kerja atau suami atau istri bisa dipercaya atau tidak. Tetapi bahkan jika anda merasa mereka sungguh bisa dipercaya, Perlu juga dipikirkan apakah mereka memiliki yang namanya sense of security yang setara dengan anda.

Jika anda gagal ditipu orang, bisa saja orang dekat anda yang kemudian menjadi target penipuan atau social engineering. Bukan cuma kontraktor proyek yang sedang pedekate kepada istri atau anak pejabat yang bisa melakukan cara ini, penjagat internet pun bisa melakukan hal yang sama. jika gagal menyerang atau membujuk target, serang lingkaran dekatnya yang kemungkinan lebih lemah yaitu orang terdekat anda.

Sekali lagi, jika anda terpaksa berbagi password, ajarkanlah kepada rekan atau siapapun orang tempat anda berbagi password agar berhati - hati dan waspada terhadap kemungkinan buruk yang bisa dilakukan pihak lain. Tetapi yang ideal tentu anda tidak berbagi pasword dengan siapapun.

Sebaiknya tidak memasukkan password yang rawan, apalagi yang berhubungan dengan uang di komputer umum, karena anda lebih sulit mengecek apakah ada program mata-mata di komputer tersebut.

Kesalahan URL

Ketika anda mengakses situs tertentu, perhatikan apakan anda mengetikkasn url dengan benar. Bisa saja anda salah ketik dan masuk situs lain yang sama yang sengaja dibuat untuk mencuri password. Sebagian situs - situs besar menyediakan fasilitas anti phising, tidak ada salahnya anda memakainya. misalnya Yahoo yang menyediakan Sign in seal, semacam gambar yang bisa anda set yang menunjukkan bahwa anda benar - benar sign in ke yahoo, bukan ke situs palsu yang menyamar mirip yahoo.

Jika anda memakai komputer anda sendiri yang tidak anda bagi dengan pihak lain, anda bisa memasang Sign In Seal. tetapi jika anda memakai komputer umum, jengan membuatnya karena sign in seal disimpan di komputer yag anda pakai. Hati - hati jika mengakses situs - situs penting menggunakan link. lebih baik jika anda mengetikkan url di kotak URL. Apabila menerima E-Mail yang Pemberitahuan yang tampaknya meragukan, menyatakan akun anda akan ditutup, atau anda akan menerima hadah, dan sebagainya, sebaiknya jangan cepat percaya.

Cek Di Google atau tanyakan di situs resmi yang anda temukan dari google, jangan ikuti link, nomor telepon, atau penannda apapun yang ditulis di E-mail Tersebut. Agar anda terhindar dari PENIPUAN.

Enkripsi File

Bila anda menyimpan File-file penting di penyedia couldstrorage seperti dropbox, agar anda lebih aman, anda bisa mengenskripsikan file - dile yang ingin anda upload terlebuh dahulu dengan software - software enkripsi semacam truecrypt, axcrtpt, atau program lain. sebagai situs penyedia couldsrorage ( tidak semua ) memiliki fitur enkripsi dari sisi klien. artiinya sebelum data anda di upload ke server mereka, data anda akan di enkripsikan terlebih dahulu di komputer anda sendiri.

Pilihlah penyedia couldstrorage yang menyediakan fitur tersebut, atau jika tidak, anda perlu meng enkripsikan sendiri file-file yang ingin anda upload dengan program lain agar anda mendapatkan keamanan lebih. file yang anda kirim lewat E-mail bisa juga dienkripsikan dahulu.

Apabila anda mengenkripsikan file dengan software security tertentu, penulis sarankan anda membungkusnya lagi denagn 7zip  atau rar terpassword, misalnya dengan ekstensi rar atau zip atau 7zip., karena file rar/zip lebih umum dan tidak terlalu mencolok mata, sehingga tidak terlalu menarik perhatian maling atau pihak manapun yang tertarik data-data anda.

Buatlah Password Yang Kuat

Buatlah password yang kuat. bervariasi jenis karakter, huruf besar, huruf kecil, dan tanda baca, serta cukup panjang. Microsoft menyarankan panjangnya password minimal setidanya 8 karakter, untuk akun penting disarankan setidaknya 14 karakter terdiri setidaknya 3 kombinasi, Huruf besar-huruf kecil, simbol karakter lain, dan angka ( Http://www.Microsoft.com/security/online-privacy/password-create.aspx ).

Kekuatan password bisa anda cek dengan password checker yang ada banyak di internet. anda bisa mencari dengan kata kunci Password Checker atau password Strengh checker. Salah satunya di https://www.microsoft.com/en-gb/security/pc-security/password-checker.aspx.

Ubah Password Secara Berkala

password sebaiknya secara periodik diubah, lebih lebih password untuk akun penting apalagi berhubungan denga uang.

Password Yang Mudah Diingat Sendiri

password sebaiknya cukup mudah diingat sendiri, tetapi tidak mudah ditebak orang lain. hindari password yang berhubungan dengan data diri, nama pacar, tanggal lahir pacar, nama binatang peliharaan, Tanggal lahir binatang peliharaann. Hinndari password yang terlalu standar semacam admin, 12345, atau password yang berasal dari kata utuh dalam kamus manapun untuk mengurangi resiko dictionary attact.

Kemungkinan Disadap

Ada kemungkinan data yang lewat disadap di jaringan ( network snipping ), misalnya anda berinternet memakai Wi-Fi di jaringan yang tidak jelas keamananya, anda juga tidak ingin traffic kegiatan berinternet di mata-matai, ada berbegai usaha yang dapt dilakukan seperti memilih protocol yang lebih aman HTTPS nya ketimbang HTTP, memakai PNP dan sebagainya.

Reputasi Keamanan Layanan

Selidiki dahulu reputasi keamanan layanan apapun yang hendak anda pakai. kita bisa memakai google atau situs pencari lain. bagaimanapun sekeras apapun kita berusaha, tetap saja memang ada aspek yang berada di luar penguasaan kita. kita mempercayakan data kita di perlakukan. Pastikan Password kita, data pribadi kita, serta file-file penting bahkan file rahasia yang kita miliki berada di tangan pihak - pihak yang memiliki reputasi baik. kehilangan reputasi bagi peenyedia layanan di internet bisa berarti kehilangan banyak uang. karena itulah mereka tentu berusaha menjaga kepercayaan user mereka. tetapi walaupun berada di tangan pihak-pihak bereputasi baik, tentu saja tidak ada salahnya kirta memperaman keselamatan data kita dengan sejumlah cera yang sudah disebutkan. karena kemungkinan terjadinya " kesalahan " tetap bisa saja terjadi.

Jangan Hobby Mencari Musuh

Jangan hobby mencari musuh yang tidak penting, semakin banyak musuh berarti banyaknya serangan terhadap anda. maupun keselamatan akun internet anda juga makin besar pula. jika kebetulan lawan anda seorang yang punya kemampuan lebih, setidaknya dia punya kawan yang "Jago Hacking", ada kemungkinan anda mendapatkan masalah. Beberapa orang di dunia ini memiliki perasaan inverior yang memperhatinkan yang senag melihat kesalahan orang lain. Jika ada berita akun pakar tertentu Dihack senagnya bukan main, bahkan berkomentar menjelek-jelekkan. Padahal belum tentu akun di-hack itu karena kesalahan sang pakar, karena bisa saja masalah ada di penyedia layanan situs atau Forum tersebut. Saya Rasa ada baiknya kita mengurangi Hal-hal semacam itu. Karena "diatas langit masih ada langit. jangan kan pakar, perusahaan-perusahaan besar keamanan komputer pun pasti suatu ketika pernah melakukan kesalahan. Jangan senang melihat Kelemahan atau Kesalahan pihak lain, apalagi jika kita ternyata tidak lebih keren dibanding mereka. Menyeranh public figur apalagi yang mempunyai reputasi baik dibidangnya dan punya banyak kawan-kawan yang siap membelanya adalh tindakan yang tidak bijaksana.

Jika kita merasa semuanya Sudah Kita lakukan, Apalagi yang bisa kta lakukan. Kita Pasrahkan saja Keselamatan data kita kepada Yang Maha Kuasa. Banyak berdoa dan beramal saleh. itu juga bagian dari ikhtiar.

Ada banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan. Apabila meniggalkan salah satu aspek dapat menimbulkan kerentanan yang bisa saja dieksploitasi pihak lain. Tetapi tentu saja Artikel ini tidak mungkin membahas semua aspek yang sengat banyak tersebut.

Sekian artikel Tips menghindari hack akun dalam berinternet, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.