Saturday, June 6, 2015

Jenis Perangkat Keras PC Secara Umum Yang Harus Anda Ketahui

Jenis Perangkat Keras PC Secara Umum Yang Harus Anda Ketahui
Hardware atau perangkat keras adalah sekumpulan komponen di dalam komputer yang secara fisik dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. Kumpulan perangkat keras ini dapat menjadi komputer jika memiliki keterkaitan struktur kinerja pada setiap kategori komponennya.
Struktur komponen didefinisikan sebagai cara setiap komponen hardware saling terkait, mulai proses memasukkan data, mengolah data yang tellah termasuk, sehingga menghasilkan data informasi sesuai keinginan penggunannya. Secara ringkas, struktur hardware komputer dapat digambarkan dalam diagram blog pada gambar berikut.

A. Perangkat Input

Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer, misalnya keyboard, mouse, scanner, FDD, dan optik disk drive (CD-R dan RW dan DVD-R, Combo, dan RW).
B. Perangkat Output
Perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran atau output dapat berupa hard cipy (ke-kertas), soft copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh, Monitor, Printer, dan speaker.

C. Peralatan Proses

1. Port I/O

Port I/O merupakan port atau gerbang atau tempat dipasangnya konektor dari peralatan jenis I/O port di dalam komputer, yaitu :
a. Port pararel (LPT satu atau LPT 2)
Port bagi peralatan Yang bekerja dengan transmisi secara pararel. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah peinter dan scanner.
b. Port serial (Com 1 dan Com 2)
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah mouse dan modem.
c. Port AT/PS2
Port ini umumnya digunakan untuk masukkan keyboard dan mouse.
d. Port USB
Port USB (Universal Serial Bus) merupakan port serial universal begi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan Port USB adalah kamera digital, Handicam, dan game pad.
e. Port VGA
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port Vga didapat dari pemasangan VGA card atau port VGA yang sudah ON-Board di dalam motherboard.
f. Port Audio
Merupakan Port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio, misalnya tape, radio, speaker, dan microphone.
g. Port Games
Merupakan Port yang digunakan para gamers untuk menyambung game-pad atau joy stick.

2. Cpu (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki 2 bagian fungsi operasional, yaitu ALU ( arrithmetical logical unit) sebagai pusat dari pengolahan data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

3. Memori

Memori terbagi menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (random acces memory) yang berfungsi menyimpan program yang kita olah sementara waktu, dan ROM (read only memory), Yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi saat pertama kali komputer dinyalakan.

4. Data Bus

Merupakan jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada saat tertentu seriap saluran hanya dapat membawa satu bit data, Jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat di transfer. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifanya Bidireksional artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui databus. Databus biasanya terdiri atas 8,16,32, atau 64 jalur pararel.

5. Address Bus

Biasanya digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur pararel.

6. Control Bus

Control bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses data bus dan addres bus. terdiri dari 4 sampai 10 jalur pararel..

D. Peralatan Tambahan Lainnya (Periferal)

Perangkat keras tambahan yang dapat berfungsi sebagai input atau Output( misalnya TV tunner, handphone dan card reader) bisa juga digunakan sebagai media penghubung dua komputer atau lebih. Misalnya Modem, network card, USB flashdik, Tpe Strorage, Firewire, Game Pad/Joy stick, Barcode Reader, Mikrofon, TV tunner, FM tunner, card reader, serta Webcam.

Kesimpulan :
Sebenarnuya banyak sekali perangkat keras yang harus diketahui oleh kita sebagai pemula dalam dalam dunia komputer. Seperti misalnya peralatan-peralatan khusus untuk kebutuhan komputer-tertentu. Akan tetapi saya rasa hal-hal diatas sudah cukup untuk menggambarkan secara umum mengenai peralatan komputer yang perlu diketahui. Akan tetapi apabila ada pertanyaan mengenai hal lain selain yang disebutkan diatas. Jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar. 


Sekian dan terima kasih telah membaca artikel Janis Perangkat Keras PC Secara Umum Yang Harus Anda Ketahui, Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.