Friday, June 5, 2015

Shotcut keys, Kerusakan, Solusi dan Perawatan Keyboard

Shotcut keys, Kerusakan, Solusi dan Perawatan Keyboard

Keyboard adalah salah satu peralatan input pada komputer. Peralatan input komputer merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer yang terdiri atas peralatan input langsung dan tidak langsung. Keyboard sendiri adalah jenis peralatan input langsung yang memasukkan data tanpa perantara alat lainnya.

Keyboard merupakan papan yang terdiri atas tombol huruf, angka, maupun simbol. Akan tetapi zaman sekarang telah banyak inovasi baru tentang keyboard yang disesuaikan dengan bentuk, ukuran dan model sesuai kebutuhan manusia sebagai pemaikai itu sendiri. Misalnya pada laptop atau Notebook hanya dibuat dengan susunan karakter utama saja.

Ada juga inovasi Keyboard fleksibel dengan bentuk elastis yang fungsinya agar memudahkan pemakaiannya untuk dibawa kemana-mana. Arti keyboard sendiri dalam bahasa indonesia adalah papan tonbol jari atau papan tuts.

a. Fungsi

Sesuai dengan namanya keyboard berfungsi untuk memasukkan data dengan mengetik kalimat dan simbol khusus lainnya pada PC atau Komputer maupun Laptop.

b. Cara Kerja

Ketika anda menekan sebuah key (tombol), Controller pada keyboard mendeteksi input tersebut, mengirimkan perintah interupsi pada CPU, dan memintanya menerima input dari keyboard. Jika CPU telah menerima input dari keyboard, akan terlihat hasil tombol yang kita tekan pada layar. Contohnya, saat kita mengetik, setiap huruf yang kita tekan akan muncul di layar komputer.

c. Dari Kabel konektor Input yang Digunakan, Keyboard Dibedakan menjadi :

1. Keyboard serial

Merupakan keyboard yang port serialnya Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT dan jarang digunakan pada komputer-komputer pada umumnya.



2. keyboard PS2



Menggunakan Kabel Port PS/2 Biasanya digunakan pada komputer ATX dan mungkin saat ini sudah tidak banyak dipergunakan karena barang yang sulit didapat, lagi pula sekarang telah muncul port mouse usb yang pemasangannya lebih mudah dan dijual dimana-mana. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

3. Keyboard Usb

Sesuai dengan namanya keyboard jenis ini menggunakan port jenis usb sebagai penghubung ke komputer. Keyboard jenis ini sudah banyak digunakan di komputer-komputer pada umumnya.



4. Keyboard wireless

Satu lagi jenis keyboard yang sudah tidak asing lagi yaitu keyboard jenis Wireless. Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infrared, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU. Keyboard jenis ini sangat diminati pkarena kemudahan yang diperoleh dibandingkan keyboard lainnya.

d. Struktur tombol

1. Tombol alphanumerik
2. Tombol numerik
3. Tombol function
4. Tombol modifier
5. Tombol kursor movement

e. Fungsi Shortcut

Beberapa tombol tertentu memiliki fungsi khusus yang disebut tombol command. Tombol Command yang paling sering ditemui adalah tombol Control (Ctrl), tombol Alternate (Alt), tombol Escape (Esc), Window, dan Shift.
Tombol Command sering digunakan dalam menjalankan Window dan program beserta aplikasinya jika mouse yang kita gunakan tidak aktif atau tidak berfungsi. Beberapa aplikasi tombol command atau Shortcut keys sebagai berikut :

[[ TOMBOL APLIKASI ]]    :   [[ FUNGSI TOMBOL ]]
ALT + Enter       
Melihat properti sebuah item.
ALT + F4
Keluar dari program alikasi dan menutup tampilan windows.
ALT + M saat mouse fokus pada taskbar 
Meminimalisasi semua ampilan windows.
ALT + SPACEBAR       
Menampilkan sistem menu windows.
ALT + TAB       
Switch untuk menampilkan program windows yang lain jika menjalankan lebih dari satu program.
BACKSPACE
Kembali ke folder sebelumnya.
CTRL + A
Memilih semua item.
CTRL + C
Meng-copy item yang dipilih.
CTRL + X
Meng-cut (memindahkan) item yang dipilih.
CTRL + V
Menampilkan atau menempatkan semua hasil item yang telah di copy atau di-cut sebelumnya.
CTRL + S
Menyimpan hasil suatu pekerjaan ( misalnya pada suatu program )
CTRL + Z
Undo yaitu kembali pada pekerjaan sebelumnya.
CTRL + Y
Redo adalah kebalikan Undo yaitu kembali ke item setelah di-undo.
CTRL + Esc
Menampilkan menu start.
CTRL + F4
Menutup tampilan wondows di dalam program.
ESC
Membatalkan suatu perintah.
TAB
Memindahkan kursor dengan pilihan maju.
SHIFT + DEL
Menghapus suatu file secara permanen ( tanpa disimpan di Rycle Bin )
SHIFT + F10
Menampilkan shotcut menu untuk memilih item.
SHIFT + TAB 
Memindahkan kursor dengan pilihan mundur.
SHIFT sambil memasukkan CD
 Mencegah auto-run pada CD.
Windows
Menampilkan menu start.
Windows + D
Meminimalisasi atau restore all windows.
Windows + E
Menampilkan windows Eksplorer.
Windows + F
Menampilkan file: All File.
Windows + R
Menampilkan run command.
Windows + F1
Menampilkan pilihan help ( pada suatu program )
Windows + TAB
Memindahkan tombol pada taskbar.
CTRL + Windows + F 
Menampilkan file : Computer.
SHIFT + Windows + M 
Undo minimizes all windows.

f. Troubleshooting atau Permasalahan dan solusi

Masalah pada keyboard biasanya disebabkan oleh terputusnya sambungan antara keyboard dan sistem maupun oleh masalah pada keyboard itu sendiri. Kerusakan pada keyboard juga bisa disebabkan oleh kelalaian user/pengguna dengan menumpahkan minuman, makanan, atau yang lainnya pada keyboard. Adapun kerusakan yang umum terjadi pada keyboard antara lain :

1. Keyboard error saat menghidupkan komputer.

2. tombol pada keyboard tidak ada yang berfungsi.

Cara mengatasi kedua hal tersebut antara lain :
1. Periksa apabila ada kemungkinan konektor keyboard renggang?. Apabila ya, ganjal konektor dengan kertas atau semacamnya agar tidak ada sekat renggangan atau ganti konektor keyboard dengan yang baru.

2. Periksa apabila kabel data terputus?. Apabila ya, saya tidak menyarankan anda untuk menyambungnya, karena hal tersebut mungkin saja dapat memperparah kerusakan sistem lainnya apabila tidak dilakukan dengan tepat. Solusinya, ganti dengan kabel data yang masih layak pakai atau sekalian dengan yang baru.

3. Periksa apakah IC keyboard rusak?. Apabila ya. anda dapat menggantinya dengan IC keyboard yang lain atau mengganti dengan keyboard yang baru.

3. Beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi.

Hal ini biasanya disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel pada jalur PCB keyboard atau bisa juga karena ada jalur pada PCB yang putus.

4. Penggandaan pada saat menekan salah satu tombol pada keyboard. Misalnya, saat menulis huruf "D" menjadi "DDD".

Hal ini biasanya disebabkan karena tombol pada keyboard sudah lemah atau terdapat kotoran yang menempel di dalam tombol.

Kedua hal tersebut dapat diatasi dengan :
1. Periksa apakah jalur PCB kotor?. Jika ya, buka penutup keyboard dan membersihkan semua elemen yang ada di dalamnya.
2. Identifikasi apakah keadaan tombol keyboard sudah lemah. Jika ya, ganti salah satu tombol yang lemah dengan yang lain atau yang baru.
3. Periksa pula apakah ada jalur yang putus?. Anda dapat mengukur dengan AVO meter, dan jalur yang putus dapat disambungkan kembali dengan timah atau yang lain. Cara lainnya yaitu mengganti keyboard yang rusak dengan yang baru.

f. Perawatan Keyboard komputer

Berikut ini yang dapat dilakukan untuk merawat keyboard :
1. Harus sering memmbalikan keyboard dengan posisi bagian tombol ke bawah dengan digoyang goyang. Hal ini dilakukan agar kotoran yang ada di dalam celah-celah antara tombol keyboard jatuh.

2. Minimal tiga bulan sekali,
Keyboard harus dibersihkan dengan mengoleskan cairan khusus komputer dengan lap atau kuas halus.

3. Hati-hati atau bahkan jangan meletakkan minuman dan makanan dekat keyboard untuk menghindari apabila tumpah, tumpahannya langsung mengenai keyboard.

4. Jangan pernah mencongkel tombol keyboard dengan obeng saat pembongkaran. Hal tersebut akan menyebabkan engsel pengait tombol patah.

Sekian dan terima kasih telah membaca artikel Shotcut keys, Kerusakan, Solusi dan Perawatan Keyboard, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang sedang dibahas.
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
Komentar yang dianggap Spam akan segera dihapus.